Senin, 07 Mei 2012

Waspada Tsunami, Relawan PMI Pantau Air di Pantai

Ilustrasi (Foto: Koran SI)
Ilustrasi (Foto: Koran SI)
JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) mengantisipasi bencana gempa 8,5 skala richter pukul 15.38 WIB di Aceh yang berpotensi tsunami dengan menggerakkan relawan di lima provinsi yang terkena dampak gempa.

Lima provinsi tersebut yakni Sumatera Barat, Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, dan Lampung. Para relawan juga sudah mulai melakukan pendataan mengenai kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Arifin Muhammad Hadi, dalam keterangannya menyatakan, PMI juga tengah menyiapkan logistik yang siap didistribusikan dari Gudang Regional PMI di Sumatera Barat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Di Banda Aceh, para relawan PMI sudah turun ke jalan untuk menenangkan warga yang panik akibat gempa ini. Sebagian relawan juga memantau ketinggian air di daerah pesisir di Banda Aceh.

Di Kota Padang, Markas PMI Sumatera Barat sudah menyiagakan lima unit ambulans dan tim pertolongan pertama untuk membantu warga yang membutuhkan.

Saat ini relawan PMI terus memantau sejumlah daerah pesisir di lima provinsi. Yaitu Pesisir Selatan dan Mentawai (Sumatera Barat), Simeulue, Banda Aceh, Aceh Besar, Calang, Tenom, dan Lamno (Aceh), Nias dan Sibolga (Sumatera Utara), Lampung Barat (Lampung), Kabupaten Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, dan Bengkulu Selatan (Bengkulu).
Sumber: Muhammad Saifullah - Okezone

0 komentar:

Posting Komentar