Senin, 27 Februari 2012

4 Relawan Indonesia di Somalia Pulang ke Tanah Air

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)
TANGERANG - Empat relawan kemanusiaan asal Indonesia di Somalia, hari ini pulang ke tanah air. Mereka berangkat ke Somalia pada 20 Agustus 2011 lalu.

Empat aktivis kemanusiaan itu, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Emirat Airline EK 356, rute Nairobi Dubai-Jakarta, sekira pukul 16.30 WIB. Mereka adalah Ketua Tim Imam Akbari, ahli logistik dan dokumentasi Andika Purbosuasoni, serta dua dokter, yakni Ajis Suranto dan Nahdlatululami.

"Selama berada di kamp pengungsi warga Somalia, kami memberikan bantuan berupa obat-obatan," ujar Imam Akbari kepada okezone, Rabu (7/9/2011).

Ditambahkan, kondisi kesehatan masyarakat Somalia di daerah perbatasan, tepatnya di Kamp Dadap, Kenya, sangat memprihatinkan. Mereka tinggal di tenda-tenda, makan, minum, buang air, dan tidur di sana. "Warga Somalia, butuh uluran tangan kita. Dibutuhkan lebih banyak relawan di Somalia, kondisi mereka sangat buruk," terangnya.

Dijelaskan, kondisi keamanan Somalia, tidak seperti di Indonesia. Namun jika mengikuti administrasi yang berlaku di Somalia, aksi kemanusiaan tetap bisa dilakukan. "Sebagai contoh saja, jika di Indonesia kita melihat makanan banyak dikerubungi lalat itu biasa. Tapi di sana, orangnya yang dikerubungi lalat," sambung Imam Akbari.

Kondisi kesehatan warga Somalia, menurut dia, sangat memprihatinkan. Mereka butuh lebih banyak relawan yang bergerak di bidang kesehatan. "Kami tidak bisa hanya mengandalkan PBB, mereka sendiri memiliki keterbatasan. Warga Somalia, butuh bantuan kemanusiaan," terangnya.
(ful)


sumber: nems.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar